Lampu merupakan salah satu elemen pada mobil yang mempunyai peranan cukup penting, terutama untuk mendukung aktivitas berkendara pada saat kondisi jalanan minim cahaya. Lampu untuk kendaraan roda empat kini juga sudah berkembang menjadi aksesoris mobil yang dapat menunjang penampilan mobil. Berikut ini beberapa fungsi lampu mobil adalah sebagai berikut : 

Fungsi Lampu Mobil

 

  1. Lampu senja atau yang dikenal sebagai lampu kota, digunakan untuk membantu penglihatan pengemudi, apalagi ketika cuaca tidak begitu cerah atau digunakan sebagai penerangan di malam hari.
  2. Lampu tail, lampu tail ini juga dikenal sebagai stop lamp, lampu ini ditempatkan pada bagian belakang mobil tersebut, fungsinya tak lain untuk memberi tahu kepada pengemudi lainnya bahwa ada keberadaan mobil, apalagi pada malam hari, sinarnya adalah merah.
  3. Lampu kabut, inilah yang dikenal sebagai fog lamp, lampu ini digunakan untuk menerangi area jalanan yang berkabut, sehingga pengendara bisa tetap merasa nyaman untuk melihat kondisi jalanan apalagi di daerah pegunungan atau pada pagi hari. Jual lampu fog lamp ini juga terbilang mudah dijumpai di pasaran. Karena jika sudah rusak harus diganti dengan yang baru agar tidak membahayakan ketika dikendarai.
  4. Lampu dekat, jangkauan sinar yang dikeluarkan oleh lampu ini sekitar 5 meter saja, itulah mengapa dinamakan sebagai lampu dekat, umumnya dinyalakan saat kendaraan tersebut melintasi daerah atau kawasan yang ramai.
  5. Lampu jauh, jangkauan cahaya dari lampu ini lebih panjang dibandingkan dengan lampu dekat, yaitu sekitar 10 meter, biasanya digunakan untuk menerangi jalanan bebas hambatan, namun dalam kondisi yang minim cahaya.
  6. Lampu rem, brake light ini digunakan untuk memberikan sinyal kepada pengguna mobil yang lain karena Anda sedang menurunkan laju kendaraan atau mengeremnya, sehingga nantinya pengemudi di bagian belakang juga sudah siap-siap untuk melakukan pengereman guna menghindari resiko tabrakan.
  7. Lampu hazard, lampu ini digunakan sebagai tanda bahaya, karena mobil berada dalam kondisi darurat.
  8. Lampu sein, memberikan sinyal atau tanda pada pengemudi lain bahwa Anda akan berbelok sesuai dengan arah seinnya.
  9. Lampu mundur, digunakan sebagai penanda bahwa mobil tersebut akan mundur, sehingga hanya diletakkan pada bagian belakang.

 

Kunjungi juga link berikut :